6 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Mengelola Fanspage Facebook

DigitalSquad

Your Digital Marketing Squad

6 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Mengelola Fan Pages Facebook

DIGITALSQUAD – Saat ini hampir seluruh brand dan perusahaan berlomba-lomba untuk memiliki akun di setiap sosial media.  Karena memang sosial media adalah salah satu tempat paling efektif bagi perusahaan untuk melakukan kegiatan promosi dan dekat dengan para pelanggannya.

Mengelola Fan Pages Facebook

Hingga kini, Facebook adalah sosial media yang memiliki member terbanyak di seluruh dunia, sehingga mau tidak mau semua brand/bisnis yang ingin turun di dunia Digital Marketing wajib memiliki akun dan ikut beraktivitas di sana.

Namun terkadang banyak brand/bisnis yang sering melakukan kesalahan ketika melakukan aktivitas sosial media di Facebook. DigitalSquad ingin mencoba sharing mengenai hal-hal apa saja yang sebaiknya dijauhi oleh para brand, khususnya bagi para admin yang memang bertugas mengelola akun perusahaan mereka di Facebook.

  1. Menciptakan konten yang tidak relevan dengan bisnis

Kadang banyak para agency atau admin hanya mengambil amannya saja dengan cara membuat konten menarik tanpa melihat relevansi terhadap bisnis dengan harapan ingin menambah jumlah engagement (like, share, dan comment). Itu harus dihindari karena percuma dan sia-sia terutama dari sisi konversi ke penjualan.

  1. Over Posting” konten produk/promosi

Mungkin Anda berpikir bahwa dengan memposting produk dan promosi di fan pages Anda menyebabkan omset atau penjualan Anda bisa naik? Bisa saja terjadi, namun yang kebanyakan terjadi adalah fans Anda akan jenuh melihat konten “jualan” kalian sehingga yang ada mereka malah menjauh atau kesal dengan brand Anda.

  1. Perang komentar

Ini adalah salah satu hal yang wajib Anda hindari di sosial media, khususnya bagi Anda yang mengendalikan akun sebuah brand atau perusahaan. Yang akan terjadi ketika Anda berdebat komentar dengan salah satu fans, maka akan menimbulkan citra buruk dan terasa kurang profesional. Coba alihkan sesuatu yang perlu didebatkan melalui jalur pribadi (email misalnya).

  1. Posting yang terlalu panjang

Semakin bertumbuhnya jaman, informasi yang akan semakin padat. Mengapa begitu? Karena sumber informasi yang sudah terlalu banyak, dan apabila tidak perlu jangan terlalu memaksakan untuk posting yang sifatnya panjang dan butuh atensi khusus, lebih baik diarahkan ke channel lain seperti website atau blog.

  1. Like/comment/share posting akun lain

Ketika Anda login sebagai akun brand atau perusahaan, jangan sampai Anda like status atau post orang/brand yang lain karena akan muncul di timeline Anda sekaligus membuat fans-fans Anda juga melihat. Apabila posting tersebut tidak relevan atau malah bersifat negatif, hal itu juga akan mempengaruhi brand atau nama baik perusahaan Anda.

  1. Tidak mau tahu & mengerti tentang Facebook Ads

Sangat disayangkan bila Anda sebagai pengelola sebuah akun fan pages Facebook tetapi tidak mau mengetahui dan mencoba layanan iklan yang diberikan oleh Facebook. Karena ada salah satu layanannya yang menurut kami sangat bagus seperti boost post yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan postingan Anda ke banyak pengguna Facebook lainnya yang masih belum like atau mengenal fan pages brand Anda.

Baca juga Pilah-Pilih Penyedia Digital Marketing Service di Jakarta

Dengan 6 tips di atas, diharapkan Anda sebagai pemilik usaha atau social media specialist bisa lebih bijak ketika mengelola sebuah akun sosmed. Karena dengan mengurangi kesalahan (seperti tips diatas) mudah-mudahan dapat meningkatkan efisiensi baik dari segi tenaga maupun biaya Anda. (Doni Hermawan)

Your thoughts, please

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.